Cara Usaha Budidaya Ikan Lahan Sempit

Wirausaha Ikan Lele
Job Reference Wirausaha Ikan Lele
Pada kesempatan ini saya akan mencoba mengutarakan apa yang menjadi pengalaman saya dalam usaha budidaya ikan air tawar yang kita lakukan untuk mendapatkan hasil tambahan guna menunjang kebutuhan hidup keluarga yang rasanya makin lama semakin sulit lebih lebih dengan adanya kenaikan harga BBM membuat kebutuhan hidup kita semakin banyak bisa jadi gaji kita tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tapi hidup ini tidak cukup dengan mengeluh saja, kita harus bisa menghadapi hidup ini dengan suatu perbuatan yang nyata kita harus tabah, ulet dan yang penting harus Tawakal dan ber do’a dan yang jelas kita harus berusaha, berusaha dan berusaha, jangan samapi kita menyerah karena keadaan. Untuk itu kami mencoba mengutarakan apa yang pernah kami alami dalam usaha ternak kususnya ikan air tawar yang pernah saya lakukan sejak saya masih duduk di SLTP kira-kira tahun 1972 dan sampai sekarangpun masih menggeluti budidaya ikan air tawar, dalam kurun waktu yang sekian lama tentunya banyak suka dan duka, suka kalau mendapat keuntungan dan duka bila mengalami kerugian. Tapi itu suatu hal yang wajar.

Pada mulanya saya mencoba membuat kolam untuk pemeliharaan lele local karena waktu itu lele dumbo belum begitu banyak di Indonesia dan ternyata bisa menjadikan hiburan atau bisa menjadikan kepuasan tersendiri, senang terutama waktu memberi makan kita bisa melihat ikan yang sehat-sehat pada berebut makanan itulah yang merupakan hiburan tersendiri dan kalau dinilai merupakan keuntungan tersendiri disamping kita mendapat keuntungan dari hasil penjualan ikan. Selanjutnya setelah saya bebearapa kali panen lele local saya melakukan coba-coba memijahkan lele dengan kolam yang sangat sederhana dengan beberapa kolam yang mana tiap kolam saya isi satu pasang induk, dan ternyata dari beberapa pasang induk ada yang mau memijah , ini merukan kebanggaan tersendiri kemudian setelah satu bulan sudah bisa dijual dan ternyata dari pembibitan ini hasil yang diperoleh lebih banyak dari pada kalau kita melaksanakan pembesaran. Maka saya beralih ke pembenihan lele sampai beberapa tahun saya menjual bibit lele. Kemudian saya mancoba memelihara lele dumbo yang kabarnya pertumbuhanya cepat besar, maka saya membeli bitit lele dumbo waktu itu 1000 ekor dan saya penelihara pada kolam 4 x 7 meter, ternyata memang benar, pertumbuhanya sangat cepat bila dibandingkan dengan lele lokan, maka saya putuskan untuk memijahkan lele dumbo, dan waktu itu saya beli induk dari dinas perikanan Cangkringan 2 pasang dan sekaligus menanyakan cara untuk penyuntikan dengan donor ikan tombro, ternyata setelah disontik malam harinya sudah mijah, ini juga merupakan kebanggaan lagi, tetapi setelah beberapa kali pemijahan ternyata tidak disontik donor pun mau juga memijah sehingga mengurangi biaya produksi.

Sumber: www.trijoko.staff.ugm.ac.id

Related Posts

Subscribe Our Newsletter